Strategi Planning Media dan Publikasi

Planning Media? Apasih itu? 

Hallo semua nya, ketemu lagi dengan saya Ratih Ayu, di blog Marketing Public Relations ini. Kali ini saya akan membahas seberapa penting kah dan bagaimana Planning Media (Perencanaan Media) terhadap suatu brand dan produk.

Perencanaan media merupakan suatu rangkaian kegiatan penyampaian pesan promosi pada sasaran atau pengguna suatu produk. Perencanaan media merupakan suatu proses yang berisi sejumlah keputusan yang harus dibuat, dari bermacam-macam kemungkinan atau perubahan, sebagai pengembangan suatu rencana media itu sendiri.
Perencanaan media yang dipersiapkan dengan baik akan menghasilkan komunikasi yang efektif sehingga pesan yang disampaikan akan mendapat perhatian lebih besar dari target audience. 
Proses perencanaan media bukanlah suatu hal yang mudah, mengingat begitu banyak pilihan jenis media mulai dari televisi, surat kabar, radio, majalah, dan sebagainya.

Ada 8 Hal Pokok Perencanaan Media :
  • Suwidi Tono, dalam bukunya: "Generasi Baru Wartawan & Dunia Pers Indonesia". terbitan Vision, Jakarta tahun 2003, menyebutjan ada 8 hal pokok yang harus diperhatikan dalam perencanaan :
  1. Latar Belakang Produk
  2. Konsep Produk
  3. Posisi Produk (Produk Positioning)
  4. Strategi Pemasaran
  5. Manajemen Kepemilikan
  6. Aspek Keuangan
  7. Area Resiko (Risk Area)
  8. Jadwal Kegiatan
Kegiatan periklanan sendiri bisa dikatakan efektif, bilamana target audience atau sasaran iklan mampu dicapai. Untuk mencapai itu, maka diperlukanlah perencanaan media periklanan yang tepat.

Sebelumnya, periklanan melalui televisi sudah di bahas oleh teman saya pada pembahasan sebelumnya yang ada di blog marketing public relations ini juga.
Pembahasan kali ini periklanan yang akan di pakai dalam produk sabun lifebouy dan nuvo adalah melalui iklan youtube, seperti yang di bawah ini :

Berikut contoh iklan Sabun Lifebouy di Sosial Media (Youtube)
 
Berikut juga contoh iklan Sabun Nuvo di Sosial Media (Youtube)



Penulis : Ratih Ayu Ramadhita






Komentar

Postingan populer dari blog ini

4P Lifebouy dan Nuvo

AIDA Product Lifebuoy & Nuvo

SWOT Kompetitor Produk