AIDA Product Lifebuoy & Nuvo


Hai semuaaa! Balik lagi ke blog mprproject yang dimana kita membahas hal yang berkaitan dengan marketing dan public relations. Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang 4P dan 4C dari product sabun Lifebuoy dan Nuvo. 
Pada artikel kali ini kita juga akan membahas product sebelumnya tapi yang kita bahas kali ini adalah tentang AIDA. apa itu AIDA? mungkin beberapa dari kalian udah ada yang tahu tentang konsep aida tapi tetap akan saya jelaskan apa itu konsep AIDA karena mungkin ada beberapa dari teman-teman yang belum paham tentang konsep tersebut.

Aida Model merupakan salah satu model yang paling lama digunakan dalam dunia Advertising, kurang lebih sudah dikembangkan sejak abad ke 19. Konsep ini memberikan pemahaman yang penting dari sisi konsumen terhadap apa yang mereka inginkan.
  • Attention
    Tahap ini merupakan tahap awal dimana konsumen mulai menyadari produk hingga brand suatu perusahaan. Pada tahap ini kita harus mencari tahu dan membuat strategi agar konsumen bisa sadar akan keberadaan produk kita. Tahap ini dapat kita lakukan dengan menggunakan iklan video yang unik, lucu, dan menghibur atau jika melalui tulisan maka kita dapat menciptakan headline yang menarik agar konsumen mulai membaca tulisan tersebut.
  • Interest
    Pada tahap ini konsumen mulai tertarik dan mempelajari mengenai manfaat dari produk usaha kita, yang harus kita lakukan adalah bagaimana kita dapat membangkitkan rasa suka konsumen terhadap produk melalui keunggulan yang kita tunjukan. Selain itu kita juga dapat menampilkan pesan positif dari konsumen yang merasa puas setelah menggunakan produk kita agar calon konsumen percaya bahwa produk kita lebih unggul dibandingkan produk pesaing lainnya.
  • Desire
    Proses selanjutnya adalah tahap dimana konsumen mulai memiliki keinginan untuk membeli produk kita. Hal yang mendorong konsumen sampai pada tahap ini adalah ketika kita dapat meyakinkan konsumen bahwa produk kitalah yang paling dapat memenuhi kebutuhan mereka serta dapat memberikan nilai tambah yang dibutuhkan.
  • Action
    Tahap ini merupakan tahap akhir dimana konsumen mulai melakukan pembelian pertama terhadap produk kita, dapat dikatakan tahap ini adalah tahap trial dimana konsumen akan memutuskan apakah selanjutnya akan menggunakan produk tersebut kembali atau malah berganti produk.
Oke kalo temen-teman sudah paham apa itu model AIDA sekarang mari kita bahas aida dari kedua produk diatas.

1. Attention

Pada product Lifebuoy untuk mendapatkan attention dari masyarakat mereka membuat iklan yang menarik melalui media massa konvensional yaitu tv. Sudah banyak iklan sabun Lifebuoy di tv, salah satu iklan terbarunya adalah iklan yang menceritakan bahwa sabun Lifebuoy memiliki Activ Silver Formula untuk membunuh kuman.

   
Pendekatan yang sama juga dilakukan oleh product iklan sabun Nuvo namun dengan konsep iklan yang berbeda. Pada iklan sabun Nuvo mereka lebih menekankan tentang hidup sehat dengan sabun Nuvo dengan mengajak anak-anak berani bermain diluar tanpa perlu takut kuman karena ada Nuvo.

Disini dapat kita lihat terdapat perbedaan yang cukup besar. Sabun Lifebuoy membuat iklan yang menunjukan bahwa product mereka memiliki bahan yang mutakhir untuk atasi kuman sedangkan sabun Nuvo menekankan pada bahwa sabun mereka mampu melindungi ancaman kuman dari luar untuk mendapatkan attention masyarakat.

2. Interest
Pada tahapan ini masyarakat mulai mencari tahu manfaat kedua product diatas karena iklan yang menarik. Namun menurut saya pribadi untuk menarik interest masyarakat product Lifebuoy sedikit lebih baik dibandingkan product Nuvo, karena product Lifebuoy lebih menumbuhkan rasa keingintahuan penontonya. Penonton akan berpikir apakah benar Silver dapat membunuh kuman dan manfaat dari silver itu sendiri. Sudah kita ketahui bahwa Lifebuoy dan Nuvo merupakan product yang dikeluarkan oleh Unilever. Pendapat ini saya kuatkan berdasarkan laporan bahwa penjualan product Lifebuoy diatas product Nuvo.


3. Desire
Pada tahapan desire ini masyarakat mulai memiliki keinginan untuk membeli product. Disini saya mencari informasi bahwa masyarakat lebih banyak mencari product dari sabun Lifebuoy dibandingkan Nuvo, data ini saya dapat setelah melakulan riset pada beberapa supermarket disekitar tempat tinggal saya. Hal ini disebabkan karena di beberapa supermarket tersebut product Lifebuoy berada pada eye level sehingga mudah dilihat oleh pengunjung.

4. Action
Terakhir adalah masyarakat mulai membeli product tersebut. Berdasarkan hasil riset yang saya lakukan. Penjualan product Lifebuoy lebih tinggi dibandingkan product Nuvo. Bukan hanya di supermarket bahkan diwarung kecil pun masyarakat lebih banyak mencari product sabun Lifebuoy. Hal ini dikarenakan Lifebuoy sudah menjadi market leader sabun batang.

Baiklah teman hanya itu saja yang dapat saya bahas terkait dengan Model AIDA dari prouct Lifebuoy dan Nuvo. Terima kasih...
Sampai ketemu diartikel selanjutnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

4P Lifebouy dan Nuvo

SWOT Kompetitor Produk