4C Lifebouy & Nuvo




Hai semuanya disini saya akan membahas mengenai sabun Lifebouy dan Nuvo yang dimana keduanya memiliki persaingan yang sangat ketat.Jadi untuk membangun sebuah positioning yang kuat kita dapat menggunakan strategi 4C. Strategi 4C seperti di bawah ini :

Customer  Lifebouy

Lifebouy adalah merek sabun tertua yang mendunia dan merek terkemuka di pasar. Selama 110 tahun lebih dalam sejarahnya lifebuoy selalu merajai bidang kesehatan melalui kebersihan. Maka dari itu Lifebouy memberikan solusi kebersihan dan kesehatan yang terjangkau dan mudah diperoleh sehingga dapat menjalani hidup tanpa rasa khawatir dengan kebersihan dan kesehatan. Lifebouy memperkenalkan produk mereka dengan mencuci tangan pakai sabun untuk mengedukasi masyarakat untuk lebih peduli kesehatan yaitu salah satunya dengan mencuci tangan. Dari sini akan didapat persepsi dari masyarakat bahwa Lifebuoy peduli terhadap kesehatan dan lingkungan tempat tinggal mereka.

Target Audience
  a.  Demografi : Laki & perempuan, umur 6  – 70 tahun
b.  Geografi : Urban dan Sub Urban
c.  Psikografi : motivasi untuk sehat, gaya hidup modern, mementingkan kesehatan
  d. Behavioral : condong untuk membeli sabun kesehatan daripada jenis sabun yg lain. Karena berpikir bahwa kesehatan no 1
  
Cost
Harga sabun Lifebouy total 10 dari yang telah di survey di bebarapa toko swalayan seperti Hari – hari swalayan,Giant Express,Superindo, dan Gs Supermarket sangat murah sekitar 2.990. Dengan harga tersebut tentunya berbagai kalangan masyarakat dapat membelinya.


                      Hari Hari Swalayan                                                  Superindo


Communication


      Lifebouy total 10 memiliki strategi  dengan melakukan kampanye tentang kepedulian kesehatan masyarakat. Lifebouy melakukan kampanye dan petisi nasional dengan tema “ Keluarga sehat untuk Indonesia” yang bekerja sama dengan Komisi Perlindungan Anak Indonesia. Petisi ini tentunya merupakan jalan untuk Lifebouy untuk lebih di kenal luas oleh masyarakat. Selain Petisi Lifebouy juga melakukan promosi melalui Kampanye Lifebuoy Berbagi Sehat – ”Ayo cuci tangan dengan sabun” yang dilaksanakan di empat kota besar, Jakarta, Bandung, Surabaya dan Yogyakarta. 400 sekolah dasar di empat kota tersebut serta 50 Posyandu di Jakarta. Strategi ini cukup efektif sehingga pemasaran dilakukan dengan metode promosi yaitu Word of Mouth atau promosi dari mulut ke mulut
  
 Convenience

 Pendistribusian produk Lifebouy yaitu sebagai berikut: 

-         Modern Market : mini market dan super market
-         Traditional Market : pasar tradisional, agen, dan warung-warung kecil










Setelah mereview sabun Lifebouy sekarang kita akan membahas Kompetitor Lifebouy  yaitu sabun Nuvo.

Customer Nuvo

Nuvo merupakan brand produk sabun dari Wings Group. Sabun antiseptic yang mampu melindungi anda dan keluarga dari serangan kuman.

Cost

Harga sabun Nuvo dari yang telah di survey di bebarapa toko swalayan seperti Hari – hari swalayan,Giant Express,Superindo, dan Gs Supermarket sangat murah sekitar Rp. 1.870 – 2.200,- . Dengan harga tersebut tentunya berbagai kalangan masyarakat dapat membelinya.




                         Hari Hari Swalayan                                                Gs Supermarket

Communication

Nuvo melakukan promosi melalui media cetak dan elektronik dengan memberikan bonus langsung dalam kemasan produk. Promosi yang dilakukan yaitu dengan memberikan hadiah berupa hologram pada kemasan dalam sabun nuvo yang apabila beruntung konsumen bisa mendapatkan hadiah langsung tanpa diundi berupa uang tunai senilai Rp. 10.000 sd Rp. 1.000.000,- Nama promosi yang dilakukan adalah  Wings bagi – bagi bonus milyaran rupiah, untuk konsumen dan pedagang.

Convience

Pendistribusian produk Nuvo yaitu sebagai berikut: 

-         Modern Market : mini market dan super market
-         Traditional Market : pasar tradisional, agen, dan warung-warung kecil





               
                                                                                                                              By: Najiya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

AIDA Product Lifebuoy & Nuvo

4P Lifebouy dan Nuvo

SWOT Kompetitor Produk