4C Lifebouy & Nuvo
Hai semuanya disini saya
akan membahas mengenai sabun Lifebouy dan Nuvo yang dimana keduanya memiliki
persaingan yang sangat ketat.Jadi untuk membangun sebuah positioning yang kuat
kita dapat menggunakan strategi 4C. Strategi 4C seperti di bawah ini :
Customer Lifebouy
Lifebouy adalah merek
sabun tertua yang mendunia dan merek terkemuka di pasar. Selama 110 tahun lebih
dalam sejarahnya lifebuoy selalu merajai bidang kesehatan melalui kebersihan. Maka
dari itu Lifebouy memberikan solusi kebersihan dan kesehatan yang terjangkau
dan mudah diperoleh sehingga dapat menjalani hidup tanpa rasa khawatir dengan
kebersihan dan kesehatan. Lifebouy memperkenalkan produk mereka dengan mencuci
tangan pakai sabun untuk mengedukasi masyarakat untuk lebih peduli kesehatan
yaitu salah satunya dengan mencuci tangan. Dari sini akan didapat persepsi dari
masyarakat bahwa Lifebuoy peduli terhadap kesehatan dan lingkungan tempat
tinggal mereka.
Target Audience
a. Demografi : Laki & perempuan, umur 6 – 70 tahun
b. Geografi :
Urban dan Sub Urban
c. Psikografi
: motivasi untuk sehat, gaya hidup modern, mementingkan kesehatan
d. Behavioral
: condong untuk membeli sabun kesehatan daripada jenis sabun yg lain. Karena
berpikir bahwa kesehatan no 1
Cost
Harga
sabun Lifebouy total 10 dari yang telah di survey di bebarapa toko swalayan
seperti Hari – hari swalayan,Giant Express,Superindo, dan Gs Supermarket sangat
murah sekitar 2.990. Dengan harga tersebut tentunya berbagai kalangan
masyarakat dapat membelinya.
Hari Hari Swalayan Superindo
Communication
Lifebouy total 10
memiliki strategi dengan melakukan
kampanye tentang kepedulian kesehatan masyarakat. Lifebouy melakukan kampanye
dan petisi nasional dengan tema “ Keluarga sehat untuk Indonesia” yang bekerja
sama dengan Komisi Perlindungan Anak Indonesia. Petisi ini tentunya merupakan
jalan untuk Lifebouy untuk lebih di kenal luas oleh masyarakat. Selain Petisi
Lifebouy juga melakukan promosi melalui Kampanye Lifebuoy Berbagi Sehat – ”Ayo
cuci tangan dengan sabun” yang dilaksanakan di empat kota besar, Jakarta,
Bandung, Surabaya dan Yogyakarta. 400 sekolah dasar di empat kota tersebut
serta 50 Posyandu di Jakarta. Strategi ini cukup efektif sehingga pemasaran dilakukan dengan metode
promosi yaitu Word of Mouth atau promosi dari mulut ke mulut
Convenience
Pendistribusian
produk Lifebouy yaitu sebagai berikut:
-
Modern Market : mini market dan super
market
-
Traditional Market : pasar tradisional,
agen, dan warung-warung kecil
Setelah mereview sabun
Lifebouy sekarang kita akan membahas Kompetitor Lifebouy yaitu sabun Nuvo.
Customer Nuvo
Nuvo merupakan brand
produk sabun dari Wings Group. Sabun antiseptic yang mampu melindungi anda dan
keluarga dari serangan kuman.
Cost
Harga
sabun Nuvo dari yang telah di survey di bebarapa toko swalayan seperti Hari –
hari swalayan,Giant Express,Superindo, dan Gs Supermarket sangat murah sekitar
Rp. 1.870 – 2.200,- . Dengan harga tersebut tentunya berbagai kalangan
masyarakat dapat membelinya.
Hari Hari Swalayan Gs
Supermarket
Communication
Nuvo
melakukan promosi melalui media cetak dan elektronik dengan memberikan bonus
langsung dalam kemasan produk. Promosi yang dilakukan yaitu dengan memberikan
hadiah berupa hologram pada kemasan dalam sabun nuvo yang apabila beruntung
konsumen bisa mendapatkan hadiah langsung tanpa diundi berupa uang tunai
senilai Rp. 10.000 sd Rp. 1.000.000,- Nama promosi yang dilakukan adalah Wings bagi – bagi bonus milyaran rupiah, untuk
konsumen dan pedagang.
Convience
Pendistribusian produk Nuvo yaitu
sebagai berikut:
-
Modern Market : mini market dan super
market
-
Traditional Market : pasar tradisional,
agen, dan warung-warung kecil
By: Najiya
Komentar
Posting Komentar