Marketing Plan (Memilih Media)

Hai guys, ketemu lagi di blog Marketing PR dimana kita akan selalu membahas hal-hal yang terkait dengan Marketing dan Public Relations. Pada kesempatan kali ini kita akan melanjutkan pembahasan kita yang sebelumnya yaitu marketing plan. Jika pada artikel sebelumnya kita fokus membahasa strategy yang kita gunakan untuk memasarkan produk kita, pada artikel kali ini kita akan lebih banyak membahas tentang media apa yang akan kita gunakan untuk strategy yang kita buat, oke langsung aja ke pembahasannya ya..

Pada dasarnya ada banyak media yang dapat kita gunakan untuk mengenalkan produk kita melalui sebuah iklan. Media sendiri terbagi menjadi dua yaitu media konvensional dan media modern. Tv, radio, majalah, dan koran termasuk dalam media lama, sedangkan media baru atau media modern adalah media yang telah menggunakan internet untuk dapat digunakan seperti social media, blog, web, dan lain sebagainya.

Karena strategy yang telah dibuat adalah membuat iklan yang memiliki unsur audio dan visual yang memiliki tujuan mempengaruhi psikologis penontonnya dengan tekhnik softselling maka yang dapat kita gunakan adalah media konvensional seperti tv. Kenapa TV kan sosmed juga bisa? Bisa pake IG, Youtube juga bisa kenapa harus Tv kan biayanya mahal. Ett tenang dulu biar saya jelaskan alasannya. Kenapa saya memilih Tv adaah karena pada sosial media audiens kita bebas untuk memilih content apa yang ingin mereka lihat dan mayoritas orang pasti akan langsung skip iklan yang ada sehingga pesan kita tidak akan sampai. Pengguna sosial media juga lebih banyak dari generasi milenial yang berarti audienya kurang menyeluruh karena itulah saya beranggapan bahwa tv lebih tepat. Karena Tv lebih dilihat oleh semua golongan dan semua usia dan orang tidak dapat skip iklan di tv sehingga orang akan melihat iklan kita hingga selesai. 

Dalam pemilihan media tv yang digunakan juga harus kita perhatikan baik-baik tidak semua channel tv cocok untuk iklan produk kita. Misalnya kita tidak cocok memasang iklan kita di metro tv atau tv one karena isi channel tersebut kebanyakan adalah berita politik dan yang menonton adalah hanya orang tertentu saja. Kita dapat meimilih channel yang banyak ditonton oleh ibu-ibu karena biasanya mereka adalah orang yang mengurus keperluan rumah termasuk sabun mandi. Karena itulah saya memilih ANTV sebagai Channel untuk menayangkan iklan produk kami. Karena penonton ANTV lebih umum. Setelah memilih Channel yang kita juga harus menentukan penentuan jam tayang agar dapat ditonton oleh banyak orang. Seperti siang hingga sore hari atau sore hingga petang di jam-jam ibu-ibu menonton tv.

Setelah semuanya siap kita juga harus memastikan anggaran kita mencukupi untuk iklan tersebut. Maaf jika diatas tidak menjelaskan penentuan budget, karena semua perusahaan pasti sudah memiliki alokasi anggaran untuk iklan. Jadi lebih tepatnya semua yang saya jelaskan di atas juga menyesuaikan setiap instansi sehingga tidak ada batasan khusus untuk pembuatan iklan ini.

Mungki itu saja yang bisa di sampaikan kali ini. Terima kasih sudah membaca blog ini.


Penulis : M Syahid Yamani

Komentar

Postingan populer dari blog ini

AIDA Product Lifebuoy & Nuvo

4P Lifebouy dan Nuvo

SWOT Kompetitor Produk